Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif “Make A Match” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam
Keywords:
Pembelajaran kooperatif, Make a match, Hasi; belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran kooperatif “make a match” dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan pada kelas IV sebanyak 17 siswa. Penelitian tindakan dilakukan tiga siklus yang masing-masing siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif “make a match” dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tingkat ketercapaian ketuntasan minimal mengalami peningkatan. Pada pra siklus peserta didik yang tuntas sebanyak 7 (41.18%) dari 17 anak. Pada siklus I peserta didik yang tuntas sebanyak 10 (58.82%) dari 17 anak. Pada siklus II peserta didik yang tuntas sebanyak 14 (82.35%) dari 17 anak. Sedangkan pada siklus III peserta didik yang tuntas sebanyak 16 (94.12%) dari 17 anak. Tingkat rata-rata hasil belajar juga mengalami peningkatan. Pada pra siklus nilai rata-ratanya 54.71, pada siklus I nilai rata-ratanya 68.82, pada siklus II nilai rata-ratanya 75.88, dan siklus III nilai rata-ratanya 86.47.